Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi Kaltim Kunjungi Bazar di SMA Negeri 5 Balikpapan

Balikpapan – Kaltim, BARABERITA.COM – Jum’at, 20/09/2019 – Bazar SMA Negeri 5 Balikpapan, tanggal 20 september 2019 bertempat di halaman upacara dan halaman parkir, dikunjungi Ir. Muhammad Sabani, M.Sc, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua Panitia Bazar, Hj. Emiyati, S.Pd., M.Mpd melalui Humas SMA Negeri 5 Balikpapan, Dra. Matje Pandi, M.M, mengatakan, ” Bahwa jumlah peserta Bazar smala totalnya 36 peserta terdiri dari 28 milik siswa kelas X, XI, XII dari semua jurusan, 1 stand dari Osis, 1 stand dari Mitra usaha, 1 stand dari Telkomsel ditambah 5 stand pameran pendidikan antara lain : Esa Unggul Jakarta, Golden Gate Agen Pendidikan Luar Negeri, SUN Education, Universitas Balikpapan, Network Agen Pendidikan Luar Negeri.”

Kedatangan orang nomor satu di Dinas Pendidikan provinsi Kalimantan Timur pada Bazar dan Pameran Pendidikan ini menjadi motivasi tersendi bagi siswa-siswi SMA Negeri 5 Balikpapan dan Mahasiswa STPDN serta Mahasiswa Universitas Balikpapan.

Saat diwawancarai Baraberita.com di lokasi Bazar M. Sabani, sangat mengapresiasi gagasan usaha atau kewirausahaan yang dilaksanakan anak-anak SMA Negeri 5 Balikpapan seperti yang dituturkan berikut ini ” Yang pertama Saya sangat mengapresiasi, dan ini sudah berlangsung kurang lebih empat tahun, ini menunjukan kredibilitas siswa selain itu juga menumbuhkan sifat kewirausahaan siswa dengan demikian siswa bisa menyalurkan ide dan gagasannya, saya sangat menghargai dan berharap ini tetap berkelanjutan, mikin tahun makin lebih bagus kemasannya sehingga SMA 5 akan makin populer dan bukan hanya populer tetapi berprestasi sebaik-baiknya,”

Untuk kiat-kiat meningkatkan kegiatan Bazar kepala Dinas menambahkan, ” Kemasannya yang dibuat lebih baik lagi dan agak berberbeda, setiap tahun model-model agak berbeda yang menarik kesannya dan mudah bagi siswa dan orang tua siswa untuk mengaksesnya dan mendapatkannya dan orang akan tertarik dengan acara ini, mungkin ada tambahan-tambahan tertentu secara spesifik nasehat guru, kepala sekolah atau siswa kembangkan sendiri.” Tutup Kepala Dinas.

Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan, Dra. Ririen Friedayati, Berterima kasih kepada Kepala Dinas Provinsi Kalimantan Timur Ir. Muhammad Sabani, M.Sc, yang telah sudi meluangkan waktu berkunjung ke Bazar SMA Negeri 5 Balikpapan, yang juga telah memberikan masukan-masukan untuk pengembangan program kewirausaah di lingkungan sekolah, Ririen menambahkan, “Kegiatan Bazar kewirausahaan smala digelar setiap tahun dan ini memasuki tahun ke 4, dari pengamatan saya guru pembimbing sangat berperan dalam mengarahkan siswa untuk memilih product yang akan dijual, kemasan, penataan tempat, tehnik menjual juga beda beda. Sehingga bazar tiap tahun selalu meningkat omzetnya.

Syukurlah putra putri smala memahami aspek enterpreuner ini sehingga dengan mereka berlatih sejak dini maka kelak mereka tidak akan kesulitan menghadapi situasi nyata di kehidupan sehari hari. Nilai yang diutamakan adalah semangat meraih pembeli, jujur, meningkatkan kualitas product dan trampil mengelola kegiatan. Semoga bermanfaat bagi semua fihak.” Imbuh kepala sekolah dengan segudang prestasi ini.

Orang tua siswi Kelas XII Ratu Halimatus, yang sempat dimintai tanggapan tentang bazar Smala, Pria yang berprofesi sebagai Notaris ini mengatakan ” Ya saya dan nyonya tiap tahun, sejak bazar diadakan kami meluangkan waktu ikut berbelanja di Bazar SMA Negeri 5 Balikpapan dan ini tahun ke tiga, kemarin anak saya beri tahu saya bahwa wali kelasnya bapak Drs. Suwarno Karim Rubai, M.Pd mohon izin anak saya dan teman-teman kelasnya besok (hari ini red) akan mengadakan kegiatan bazar diikuti seluruh siswa smala, maka hari ini saya dan nyonya menyempatkan waktu datang berbelanja, Sembako yang dijual di bazar ini jauh lebih murah dari bazar-bazar yang pernah kami jumpai, semoga kedepan waktu pelaksanaan bazar diadakan sehari penuh dan pembeli jangan hanya siswa dan orang tua siswa tetapi warga yang kurang mampu juga bisa ikut belanja atau warga disekitaran Smala, ” Tutup pria bernama lengkap Tubagus Muhammad Sulaiman, S.H., M.Kn. beralamat di jalan Marma Iswahyudi Sepinggan Raya Balikpapan.

Pembiana Osis SMA Negeri 5 Balikpapan, Budi, S.PdI, didampingi Ahmad Syarkawi, S.Pd, menerima baik masukan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, Kepala sekolah Dra. Ririen Friedayati, Orang tua siswi dan masukan dari anak-anak osis yang menjadi penyelenggara kegiatan ini,” Masukan yang baik ini akan kami jadikan acuan untuk Bazar tahun depan dan acara Bazar murni bazar tidak dirangkai denagan kegiatan lain seperti hari ini dirangkai dengan senam.”
Laporan : Arimin JW – Foto : Agus Nugroho

Sumber: baraberita.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*