Isran Noor Buka Langsung Launching Beasiswa Kaltim Tuntas

Samarinda – Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor membuka langsung Launching Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) dan mengharapkan kedepan ada putra putri Kaltim yang unggul dan membanggakan di mata dunia.

“Saya bercita-cita SMK dapat kita naikan harkat martabat dan marwahnya dengan meningkatkan fasilitas dan kemampuan guru-gurunya.” ucap Isran.

Perlu diketahui, Badan Pengelola BKT terbentuk pada tanggal 20 Juni 2019 sesuai dengan peraturan Gubernur nomor 422.5/K.375/2019 tentang Pembentukan Badan Pengelola Program Beasiswa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, dan aktif melaksanakan tugasnya setelah diterimanya SK pada 18 Juli 2019.

Sebeum terbentuknya Badan Pengelola BKT telah ada beberapa Peraturan Gubernur yang berkaitan dengan Program Beasiswa yaitu:

  1. Pergub nomor 09 tahun 2019 yang disempurnakan dengan Pergub nomor 41 tentang Program Beasiswa Stimulan.
  2. Pergub nomor 10 tahun 2019 yang disempurnakan dengan Pergub nomor 42 tentang Program Beasiswa Tuntas.
  3. Pergub nomor 422.5/K.220/2019 tentang Besaran Beasiswa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Proses pendaftaran dan seleksi dilakukan secara online dengan harapan adanya unsur transparansi lebih menonjol, memberikan kemudahan bagi pendaftar, sosialiasasi lebih cepat tanpa tatap muka.

Verifikasi berkas faktual untuk beasiswa tuntas dan stimulan dilakukan bekerjasama dengan Kabupaten/Kota dengan tujuan selain menjamin akurasi keaslian dokumen, pemerataan pesebaran penerima beasiswa dan menghindari duplikasi penerima dengan program beasiswa dari Kabupaten/Kota.

Pemberian bantuan beasiswa baik Tuntas maupun Stimulan juga diperuntukan bagi penyandang disabilitas, korban KDRT, penghafal Al-Qur’an, anak dari daerah pedalaman (3T) serta anak cucu veteran. kurang mampu dan sejenisnya, penyelesaian tugas akhir, lulusan D1, D2, D3 dan Seleksi Tesis.

Badan Pengelola BKT juga mengakomodir penerima beasiswa sebelumnya yang sedang berjalan atau telah terikat kerjasama baik di dalam dan luar negeri ke dalam Beasiswa Tuntas dan biaya sampai yang bersangkutan menyelesaikan studinya dituntaskan pada tahun 2019.

Untuk program beasiswa yang telah berjalan sebelumnya dan terikat kerjasama yaitu Victoria University, ISBI, Perkeretaapian Rusia, ITK, Unmul/Polda, MUI/Unida Gontor, STEI Tazkia Bogor.

Selanjutnya untuk sistem seleksi dilakukan secara online melalui laman Beasiswa Kaltim www.kaltimtuntas.id dan verifikasi online oleh Badan Pengelola Program Beasiswa Kaltim. Verifikasi faktual dilakukan di Kabupaten/Kota oleh Tim dari Kabupaten terdiri dari Dinas Pendidikan, Bagian Sosial/Kesra, Ketua MGMP SMK dan SMA bersama Badan Pengelola Beasiswa Prov. Kaltim.

Adapun anggaran yang tersedia pada APBD murni APBD Perubahan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, target penerima beasiswa diperkirakan sebanyak 11.106 Siswa/Mahasiswa dengan rincian:

  • Beasiswa Stimulan Mahasiswa Kurang Mampu : 2.954
  • Beasiswa Stimulan Kurang Mampu (SD/MI, SMP,MTs, SMA/MA, SMK) : 6.452
  • Beasiswa Tuntas Bagi Mahasiswa : 1.700

Iman Hidayat selaku Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim dalam laporannya menyatakan bagi beasiswa luar negeri untuk sementara ditiadakan dan lebih konsen untuk beasiswa kerjasama.

“Pemberian beasiswa untuk tahun 2019 bagi Mahasiswa Luar Negeri untuk sementara ditiadakan dan akan dibuka kembali pada tahun 2020. Selanjutnya pada tahun 2020 juga akan dimulai kerjasama baru dengan universitas dan negeri dan luar negeri yang berkualitas” ucap Iman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*